Monday, June 29, 2015

LATAR BELAKANG PELAKSANAAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

LATAR BELAKANG PELAKSANAAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) - Pada artikel sebelumnya, telah kami bahas tentang Pengertian atau Definisi Praktek Pengalaman Lapangan atau PPL. Dan artikel selanjutnya adalah tentang latar belakang mengapa kegiatan PPL wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa, khususnya yang memiliki latar belakan jurusan Pendidikan.

Sampai saat ini, berbagai upaya pembenahan system pendidikan dan perangkatnya di Indonesia terus dilakukan. Akibatnya muncul beberapa peraturan pendidikan untuk saling melengkapi dan mnyempurnakan peraturan-peraturan yang sudah tidak relevan lagi dengan kebutuhan saat ini. Selain itu pula, peningkatan mutu pendidikan dan relevansinya merupakan salah satu Program Nasional, karena hal ini erat kaitannya dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Selaras dengan kebijakan Pembangunan Nasional yang menekankan pengembangan SDM, maka upaya meningkatkan mutu pendidikan sangat penting, selain itu mutu guru merupakan salah satu komponen yang mempunyai peran yang sangat penting.

Berdasarkan hal di atas, kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sangat diperlukan untuk mendukung terbentuknya tenaga pendidik yang bermutu, mengingat hal itu maka setiap mahasiswa Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan di setiap Universitas wajib menempuh mata kuliah tersebut segbagai mata kuliah intrakurikuler.

Kegiatan PPL ini diarahkan dalam bentuk pelatihan terbatas, pelatihan terbimbing dan pelatihan mandiri. Semua kegiatan ini harus terjadwal secara sistematis, di bawah bimbingan dosen pembimbing dan guru pamong.

PAda umumnya, kegiatan PPL berlangsung selama 1 semester, atau menurut keputusan Universitas masing-masing. Untuk itu, seorang mahasiswa harus bnar-benar mempersiapkan diri untuk mengambil maa kuliah ini.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Latar Belakang Pelaksanaan PPL ini, semoga bermanfaat. Salam AJM

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...